Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Sekolah                     : SMA Bina Muda
Mata Pelajaran         : Sosiologi
Kelas/Semester        : XI/1
Materi Pokok             : Pembentukan Kelompok Sosial
Alokasi Waktu          : 24 JP


A. Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar
1.1 Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghargai keberagaman agama   dengan menjunjung tinggi keharmonisan.dalam kehidupan bermasyarakat.
2.1 Menumbuhkan kesadaran individu untuk memiliki tanggungjawab publik dalam ranah perbedaan sosial
3.1 Memahami tinjauan Sosiologi dalam mengkaji pengelompokkan sosial dalam masyarakat.
4.1 Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi tentang pengelompokkan sosial dengan menggunakan tinjauan Sosiologi.

C. Indikator
1. Menjelaskan hakikat kelompok sosial.
2. Mengkategorikan macam-macam kelompok sosial
3. Menjelaskan dinamika kelompok sosial.


D. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah mengamati lingkungan sekitarnya, peserta didik dapat menjelaskan hakikat  kelompok sosial.
     2. Setelah berdiskusi tentang kelompok sosial dalam masyarakat, peserta didik dapat mengkategorikan macam-macam kelompok sosial
     3. Setelah melakukan penelitian tentang kelompok sosial dalam masyarakat, peserta didik dapat menjelaskan dinamika kelompok sosial.
4. Setelah diskusi tentang kelompok sosial, peserta didik diharapkan mampu menerapkan  perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif.

E. Materi Pembelajaran
1. Hakikat kelompok sosial.
2. Macam-macam kelompok sosial.
3. Dinamika kelompok sosial.

F. Pendekatan, Strategi dan Model Pembelajaran
    1. Model Pembelajaran
a. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)
b. Model Pembelajaran Berbasis Proyek
c. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)

G. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Buku Sosiologi untuk SMA/MA kelas XI, Yrama widia dan Esis
 2. Foto  tentang kelompok sosial.

H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

     Pertemuan 1 dan 2
    1. Pendahuluan/Kegiatan Awal
a.    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
b.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
c.    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai dan garis besar cakupan materi
d.    Menjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas.
     2. Kegiatan Inti
       a. Mengamati
Untuk mempelajari tentang pengertian kelompok sosial, ajak siswa untuk mengamati  kehidupan sehari-hari. Ajak peserta didik mengamati ibu yang sedang hamil.
       b. Menanya
Setelah membaca cerita di atas, kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai apa yang sudah diamati dan  membimbing peserta didik untuk dapat mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatan, seperti  “Apakah manusia selalu membutuhkan orang lain? atau apakah kelompok sosial itu?”
       c. Mengumpulkan Informasi
Menggali dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber melalui berbagai cara, peserta didik diajak membaca uraian materi pada buku  tentang hakekat kelompok sosial. (pengertian, syarat, cirri dan proses terbentuknya kelompok sosial)
       d. Mengasosiasi
 Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang dan mendiskusikan pendapat para ahli mengenai pengertian kelompok social dan mendiskusikan tabel nama kumpulan apakah termasuk kelompok social. Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai keterampilan menganalisis, menggunakan teori , dan menyimpulkan data, serta menilai kemampuan peserta didik memahami pengertian kelompok social. peserta didik menyimpulkan hasil diskusi kelompok
       e. Mengkomunikasikan
Perwakilan dari kelompok menyampaikan hasil diskusi di kelas dan dinilai oleh guru sebagai hasil belajar peserta didik atau kelompok peserta didik tersebut.
3. Penutup
a.    bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran,
b.    melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan 
c.    memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok

Pertemuan 3 dan 4
Pendahuluan
a.    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
b.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
c.    Menagih dan mengingatkan tugas
d.    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai dan garis besar cakupan  materi
2.     Kegiatan Inti
a. Mengamati
Untuk mempelajari tentang pengertian kelompok sosial in-group dan out-group, primer dan sekunder peserta didik mengamati gambar tentang Palang Merah Indonesia, kelompok keluarga dan kelompok diskusi
b. Menanya
Setelah mengamati gambar, membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai apa yang sudah dibaca.
c. Mengumpulkan Informasi
Menggali dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber melalui berbagai cara, peserta didik diajak membaca uraian materi pada buku tentang kelompok sosial in-group dan out-group. Kelompok primer dan sekunder
d. Mengasosiasi
Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang dan membuat deskripsi tentang contoh sebuah kelompok primer atau sekunder baik di lingkungan sekolah maupun diluar sekolah Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai keterampilan menganalisis, menggunakan teori , dan menyimpulkan data, serta menilai kemampuan peserta didik memahami kelompok social primer atau sekunder, peserta didik menyimpulkan hasil diskusi kelompok

e. Mengkomunikasikan
Perwakilan dari kelompok menyampaikan hasil diskusi di kelas dan dinilai oleh  guru sebagai hasil belajar peserta didik atau kelompok peserta didik tersebut
3. Penutup
a.    bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran,
b.    melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan 
c.    memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok


Pertemuan 5 dan 6
1. Pendahuluan/Kegiatan Awal
a.    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
b.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
c.    Menagih dan mengingatkan tugas
d.    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai dan garis besar cakupan  materi

2. Kegiatan Inti
       a. Mengamati
Untuk mempelajari tentang pengertian paguyuban dan petembayan, kelompok formal dan informal, peserta didik membaca info sosiologi tentang paguyuban pasundan
       b. Menanya
Membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai apa yang sudah dibaca dan dilihat serta membimbing peserta didik untuk dapat mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatan dengan mengisi tabel sifat hubungan paguyuban atau patembayan
       c. Mengumpulkan Informasi
Menggali dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber melalui berbagai cara. peserta didik diajak membaca uraian materi pada buku paguyuban dan patembayan serta kelompok formal dan informal
      d. Mengasosiasi
.           Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang dan melakukan observasi  organisasi yang ada  di lingkungan sekolah tentang jenis,cirri,struktur dan tujuan  Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai keterampilan menganalisis, menggunakan teori , dan menyimpulkan data,
      e. Mengkomunikasikan
Menuliskan atau menceritakan apa yang ditemukan dalam kegiatan mencari informasi, mengasosiasikan dan menemukan pola. Hasil tersebut disampaikan di kelas dan dinilai oleh guru sebagai hasil belajar peserta didik.
3. Penutup
a.    bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran,
b.    melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan 
c.    memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok


Pertemuan 7 dan 8
1. Pendahuluan/Kegiatan Awal
a.    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
b.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
c.    Menagih dan mengingatkan tugas
d.    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai dan garis besar cakupan  materi

2. Kegiatan Inti
       a. Mengamati
Untuk mempelajari tentang pengertian membership group dan reference group, kelompok social besar dan social kecil, okuvasional dan volunter ajak siswa untuk mengamati komunitas pedagang, organisasi politik, dan organisasi massa.
       b. Menanya
Setelah mengamati, guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai apa yang sudah dibaca dan dilihat. Guru membimbing peserta didik untuk dapat mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatan. Guru kemudian mengajukan pertanyaan tentang pengertian kelompok membership group dan reference group
       c. Mengumpulkan Informasi
Tindak lanjut dari bertanya adalah menggali dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber melalui berbagai cara. Untuk itu peserta didik diajak membaca uraian materi pada buku tentang membership group dan reference group,okuvasional dan volunter
       d. Mengasosiasi
Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang dan mencari contoh kelompok okuvasional dan volunteer dalam kehidupan sehari-hari.  Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai keterampilan menganalisis, menggunakan teori , dan menyimpulkan data,
       e. Mengkomunikasikan
Kegiatan berikutnya adalah menuliskan atau menceritakan apa yang ditemukan dalam kegiatan mencari informasi, mengasosiasikan dan menemukan pola. Hasil tersebut disampaikan di kelas dan dinilai oleh guru sebagai hasil belajar peserta didik.
3. Penutup
a.    bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran,
b.    melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan 
c.    memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok

Pertemuan 9 dan 10
1. Pendahuluan/Kegiatan Awal
a.    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
b.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
c.    Menagih dan mengingatkan tugas
d.    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai dan garis besar cakupan  materi

2. Kegiatan Inti
       a. Mengamati
Untuk mempelajari tentang pengertian kelompok sosial yang tidak teratur, kelompok sosial atas dasar kesatuan genealogis, kelompok sosial atas dasar kesatuan teritorual, kelompok sosial atas dasar kesatuan sakral, kelompok sosial atas dasar ekonomi, dan kelompok sosial atas dasar kesatuan campuran, ajak siswa untuk mengamati gambar tentang antrean penonton.
       b. Menanya
Setelah mengamati, guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai apa yang sudah dibaca dan dilihat. Guru membimbing peserta didik untuk dapat mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatan. Ajak siswa untuk mendiskusikan tentang kerumunan sosial dan publik. Ajukan juga pertanyaan tentang perbedaan kerumunan dan publik. Selanjutnya tentang kelompok sosial atas dasar kesatuan genealogis, kelompok sosial atas dasar kesatuan teritorual, kelompok sosial atas dasar kesatuan sakral, kelompok sosial atas dasar ekonomi, dan kelompok sosial atas dasar kesatuan campuran.
       c. Mengumpulkan Informasi
Tindak lanjut dari bertanya adalah menggali dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber melalui berbagai cara. Untuk itu peserta didik diajak membaca uraian materi pada buku
       d. Mengasosiasi
Informasi yang terkumpul menjadi dasar bagi kegiatan mengasosiasi. Kegiatan ini dilakukan untuk memproses informasi agar ditemukan keterkaitan satu informasi dengan informasi lainnya, menemukan pola dari keterkaitan informasi dan bahkan mengambil berbagai kesimpulan dari pola yang ditemukan.
       e. Mengkomunikasikan
Kegiatan berikutnya adalah menuliskan atau menceritakan apa yang ditemukan dalam kegiatan mencari informasi, mengasosiasikan dan menemukan pola. Hasil tersebut disampaikan di kelas dan dinilai oleh guru sebagai hasil belajar peserta didik.
3. Penutup
a.    bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran,
b.    melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan 
c.    memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok


Pertemuan 11 dan 12
1. Pendahuluan/Kegiatan Awal
a.    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
b.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
c.    Menagih dan mengingatkan tugas
d.    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai dan garis besar cakupan  materi

2. Kegiatan Inti
       a. Mengamati
Untuk mempelajari tentang dinamika kelompok sosial, ajak siswa secara mandiri untuk memerhatikan gambar tentang serah terima jabatan.
       b. Menanya
Setelah membaca artikel, guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai apa yang sudah dibaca.
      c. Mengumpulkan Informasi
Tindak lanjut dari bertanya adalah menggali dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber melalui berbagai cara. Untuk itu peserta didik diajak membaca uraian materi pada buku tentang dinamika kelompok sosial.
      d. Mengasosiasi
Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang dan tentang perpecahan di tubuh partai politik .  Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai keterampilan menganalisis, menggunakan teori , dan menyimpulkan data,

      e. Mengkomunikasikan
Menuliskan atau menceritakan apa yang ditemukan dalam kegiatan mencari informasi, mengasosiasikan dan menemukan pola. Hasil tersebut disampaikan di kelas dan dinilai oleh guru sebagai hasil belajar peserta didik atau kelompok peserta didik tersebut.
3. Penutup
a.    bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran,
b.    melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan 
c.    memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok

I. Penilaian pembelajaran
1.    Jenis/Teknik Penilaian.
a.    Penilaian Unjuk Kerja
b.    Tes Tertulis
c.    Penilaian Projek
2.    Bentuk Instrumen
a.    Penilaian Kinerja
Instrumen Penilaian Kinerja
No.
Aspek yang Dinilai
Penilaian




1
2
3
1.
Pengamatan



2.
Data yang diperoleh



3.
Kesimpulan




Rubrik:
Aspek yang Dinilai
Penilaian



1
2
3
Pengamatan
Pengamatan tidak cermat
Pengamatan cermat, tetapi mengandung interpretasi
Pengamatan cermat dan bebas interpretasi
Data yang diperoleh
Data tidak lengkap
Data lengkap, tetapi tidak terorganisir, atau ada yang salah tulis
Data lengkap, terorganisir, dan ditulis dengan benar
Kesimpulan
Tidak benar atau tidak sesuai tujuan
Sebagian kesimpulan ada yang salah atau tidak sesuai tujuan
Semua benar atau sesuai tujuan

b.    Tes Tertulis
Instrumen tes tertulis dapat dilihat di latihan bab1
c.    Penilaian Projek

Teknik Penilaian Proyek
Matapelajaran                       : _________________________________________
Nama Proyek                        : _________________________________________
Alokasi Waktu                      : _________________________________________
Guru Pembimbing   : _________________________________________

Nama                         : _________________________________________
NIS                             : _________________________________________
Kelas                          : _________________________________________

No.
Aspek
Skor (1-5)
1
2
3
4
5
1.
PERENCANAAN :





a. Persiapan





b. Rumusan Judul





2.
PELAKSANAAN :





a. Sistematika Penulisan





b. Keakuratan Sumber Data / Informasi





c. Kuantitas Sumber Data





d. Analisis Data





e. Penarikan Kesimpulan





3.
LAPORAN PROYEK :





a. Performans





b. Presentasi / Penguasaan





TOTAL SKOR







3.    Pedoman Penskoran
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
 


Comments

Popular posts from this blog

Book Report Sosiologi Pendidikan Abu Ahmadi

RPP 2 Kelompok Sosial

LAPORAN BUKU SOSIOLOGI INDUSTRI Karangan S. R. Parker, R. K. Brown, J. Child, M.A. Smith