RPP SOSIOLOGI KELAS XI KURIKULUM 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA PGRI Rancaekek
Mata Pelajaran : Sosiologi
Materi Pokok : Kelompok Sosial
Submateri Pokok : Pengertian
dan Tipe
Kelompok Sosial
Kelas / Semester : XI / I
Tahun
Pelajaran : 2014/2015
Pertemuan ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 2 x 4 JP
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
3.1 Memahami tinjauan
Sosiologi dalam mengkaji pengelompokan sosial dalam masyarakat.
4.1 Melakukan kajian,
pengamatan, dan diskusi tentang pengelompokan sosial dengan menggunakan
tinjauan Sosiologi.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Mendeskripsikan pengertian kelompok sosial
2.
Mengidentifikasi tipe dan bentuk kelompok
sosial
3.
Mengamati tipe dan bentuk kelompok sosial di
sekitar
4.
Mengkomunikasikan tipe dan bentuk kelompok
sosial di sekitar
5.
Menyimpulkan tipe dan bentuk kelompok sosial di
sekitar
D.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui proses mengamati,
menanya, menalar, mengeksperimen, mengkomunikasikan dan berdiskusi peserta
didik dapat:
1.
Mendeskripsikan pengertian kelompok sosial
2.
Mengidentifikasi tipe dan bentuk kelompok
sosial
3.
Memahami tipe dan bentuk kelompok sosial
4.
Menyimpulkan tipe dan bentuk kelompok sosial
5.
Menghargai berbagai kelompok sosial di sekitar
6.
Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan
menghormati agama lain
7.
Mensyukuri keberadaan dan keberagaman kelompok
sosial di masyarakat sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Kuasa
E.
Materi
Ajar
1.
Pengertian menurut
Para Ahli
George Homans
Geoger
Homans mendefinisaikan kelompok sebagai kumpulan
individu
yang melakukakan kegiatan, interaksi dan memiliki perasaan untuk membentuk satu
keseluruhan yang terorganisasi dan berhubungan secara timbal balik.
Soerjono Soekanto
Kelompok
sebagai himpunan atau kesatuan kesatuan manusia yang hidup bersama karena
saling berhubungan di antara mereka secara timbal balik dan saling
mempengaruhi.
Ciri-ciri
kelompok social :
1.
Terdapat
dorongan atau motif yang sama antara individu satu dengan yang lain
2.
Terdapat
akibat-akibat interaksi yang berlainan terhadap individu satu dengan yang lain
berdasarkan rasa dan kecakapan yang berbeda-beda antara individu yang terlibat
di dalamnya
3.
Adanya
penegasan dan pembentukan struktur atau oraganisasi kelompok yang jelas dan
terdiri atas peranan-peranan dan kedudukan masing-masing.
4.
Adanya
peneguhan norma pedoman tingkah laku anggota kelompok yang mengatur interaksi
dalam kegiatan anggota kelompok unik mencapai tujuan yang ada
5.
Berlangsungnya
sautu kepentingan
6.
Adanya
pergerakan yang dinamis
Factor pendorong timbulnya kelompok social :
1.
Mempertahankan
hidup
2.
Meningkatkan
efisiensi dan fektivitas kerja
3.
Faktor
genologis
4.
Faktor
religious
5.
Factor
territorial
6.
Melanjutkan
keturunan
7.
Faktor kepentingan.
Teori yang berkaitan dengan pembentukan kelompok social
1.
Teori
kedekatan ( Propinquity )
Menjelaskan
afiliasi di antara orang-orang tertentu
2.
Teori
interaksi ( George Homans )
Berdasarkan
pada aktivitas aktivitas,
interaksi-interaksi dan sentiment-sentimen.
3.
Teori
keseimbangan ( Theodore Newcob)
Tertarik
pada yang lain didasarkan ataskesamaan sikap di dalam menanggapi suatu tujuan
4.
Teori
pertukaran
Teori
ini ada kesamaan fungsi dengan teori motivasi kerja.
F.
Pendekatan,
Strategi, Metode, dan Media Pembelajaran
· Pendekatan : Saintific Approach
· Strategi : Cooperative Learning
· Metode
Pembelajaran : Group Investigation
· Media
Pembelajaran : Gambar dan infocus
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
No
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
1
|
Kegiatan
Awal
Apersepsi
· Guru
menyiapkan kelas dan bertanya kepada siswa mengenai kelompok sosial di
sekitar tempat tinggal
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
Orientasi
Guru menampilkan gambar
yang berhubungan dengan kelompok tipe dan bentuk kelompok sosial
Motivasi
Siswa menyimak penjelasan
guru mengenai tujuan mempelajari klasifikasi kelompok sosial
Pemberian
Acuan
· Siswa
menyimak gambar yang disajikan guru
· Siswa
dibentuk kelompok yang terdiri dari 3-4 anggota
· Metode
pembelajaran yang digunakan adalah Group
Investigation
|
15 menit
|
Lampiran Gambar
Lampiran Metode Pembelajaran
|
2
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
· Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai kelompok sosial
· Siswa
mengamati penjelasan guru mengenai klasifikasi kelompok sosial
· Siswa
mengamati gambar yang disajikan guru mengenai tipe dan bentuk kelompok sosial
Menanya
· Siswa
mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai gambar yang disajikan oleh guru
· Guru
menanya mengenai makna gambar yang disajikan kepada siswa
· Siswa
mendiskusikan dengan teman sebangku menganai tipe dan bentuk kelompok sosial
· Guru
menanya mengenai tipe dan bentuk kelompok sosial yang didapat dari hasil
diskusi kepada siswa
· Siswa
mendiskusikan dengan teman kelompok mengenai materi yang telah ditugaskan
Mencoba
· Siswa
membaca atau menggali informasi dari sumber-sumber lain (buku penunjang,
media massa, fenomena di lingkungan sekolah) mengenai kelompok sosial
· Siswa
mengamati fenomena di lingkungan sekolah mengenai kelompok sosial
Mengasosiasi
· Siswa
dibagi ke dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3-4 orang
· Setiap
kelompok dipilih satu ketua
· Guru
memberikan materi yang berbeda antara satu kelompok dengan kelompok lainnya
· Setiap
kelompok membahas materi yang diberikan secara kooperatif
· Guru
menilai sikap siswa dalam diskusi kelompok dan membimbing atau menilai
keterampilan menemukan permasalahan pokok, menganalisis dan menyimpulkan,
serta menilai kemampuan siswa dalam memahami materi yang ditugaskan.
· Hasil
diskusi dituliskan dalam kertas untuk kemudian disampaikan di depan kelas
Mengkomunikasikan
· Masing-masing
kelompok yang diwakilkan oleh ketua mempresentasikan hasil diskusi di depan
kelas
· Guru
menilai kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil diskusi
· Anggota
kelompok lainnya membantu untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh
kelompok lainnya
· Guru
menilai keaktifan siswa dalam berdiskusi
|
90 menit
|
Lampiran Materi Diskusi
Lampiran Rubrik dan Format
Penilaian Diskusi Kelompok
Lampiran Rubrik dan Penilaian Performance
|
3
|
Kegiatan
Ahir
· Guru
dan siswa menyimpulan materi mengenai klasifikasi kelompok sosial
· Guru
memberi pekerjaan rumah kepada siswa
· Guru
memberi motifasi kepada siswa
· Guru
menutup kelas dengan doa bersama
|
15 menit
|
Lampiran Pekerjaan Rumah
|
Pertemuan 2.
No
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
1
|
Kegiatan
Awal
Apersepsi
· Guru
menyiapkan kelas dan mengulas
mengenai pengertian kelompok
sosial.
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
Orientasi
Guru menampilkan gambar
yang berhubungan dengan kelompok tipe dan bentuk kelompok sosial
Motivasi
Siswa menyimak penjelasan
guru mengenai tujuan mempelajari klasifikasi kelompok sosial
Pemberian
Acuan
·
Siswa menyimak gambar yang disajikan guru
·
Siswa dibentuk kelompok yang terdiri dari 3-4
anggota
·
Metode pembelajaran yang digunakan adalah Group Investigation
|
15 menit
|
Lampiran Gambar
Lampiran Metode Pembelajaran
|
2
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
· Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai kelompok sosial
· Siswa
mengamati penjelasan guru mengenai klasifikasi kelompok sosial
· Siswa
mengamati gambar yang disajikan guru mengenai tipe dan bentuk kelompok sosial
Menanya
· Siswa
mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai gambar yang disajikan oleh guru
· Guru
menanya mengenai makna gambar yang disajikan kepada siswa
· Siswa
mendiskusikan dengan teman sebangku menganai tipe dan bentuk kelompok sosial
· Guru
menanya mengenai tipe dan bentuk kelompok sosial yang didapat dari hasil
diskusi kepada siswa
· Siswa
mendiskusikan dengan teman kelompok mengenai materi yang telah ditugaskan
Mencoba
· Siswa
membaca atau menggali informasi dari sumber-sumber lain (buku penunjang,
media massa, fenomena di lingkungan sekolah) mengenai kelompok sosial
· Siswa
mengamati fenomena di lingkungan sekolah mengenai kelompok sosial
Mengasosiasi
· Siswa
dibagi ke dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3-4 orang
· Setiap
kelompok dipilih satu ketua
· Guru
memberikan materi yang berbeda antara satu kelompok dengan kelompok lainnya
· Setiap
kelompok membahas materi yang diberikan secara kooperatif
· Guru
menilai sikap siswa dalam diskusi kelompok dan membimbing atau menilai
keterampilan menemukan permasalahan pokok, menganalisis dan menyimpulkan,
serta menilai kemampuan siswa dalam memahami materi yang ditugaskan.
· Hasil
diskusi dituliskan dalam kertas untuk kemudian disampaikan di depan kelas
Mengkomunikasikan
· Masing-masing kelompok yang diwakilkan oleh
ketua mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
· Guru
menilai kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil diskusi
· Anggota
kelompok lainnya membantu untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh
kelompok lainnya
· Guru
menilai keaktifan siswa dalam berdiskusi
|
90 menit
|
Lampiran Materi Diskusi
Lampiran Rubrik dan Format
Penilaian Diskusi Kelompok
Lampiran Rubrik dan Penilaian Performance
|
3
|
Kegiatan
Ahir
· Guru
dan siswa menyimpulan materi mengenai klasifikasi kelompok sosial
· Guru
memberi pekerjaan rumah kepada siswa
· Guru
memberi motifasi kepada siswa
· Guru
menutup kelas dengan doa bersama
|
15 menit
|
Lampiran Pekerjaan Rumah
|
H.
Penilaian
Hasil Belajar
1.
Teknik
Teknik penilaian hasil belajar dilakukan
melalui proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja
kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertutis. Sedangkan penilain hasil
dilakukan melalui tes tertulis seperti pretest dan postest.
2.
Bentuk
Bentuk
penilaian hasil belajar dilakukan melalui test dan non test. Tes dilakukan
ketika siswa mengerjakan tugas tertulis yang diberikan oleh guru. Non test
dilakukan ketika guru menilai kinerja siswa dalam kelas misalnya kemampuan
dalam berdiskusi.
3.
Instrumen
Instrumen
penilain hasil belajar melalui observasi kinerja kelompok menggunakan rubrik
penilaian dengan fokus utama pada kinerja siswa dalam kelompok, tanggungjawab,
dan kerjasama dengan anggota kelompok lainnya, dan penilaian hasil laporan yang
diberikan dengan fokus utama pada kerapihan laporan, ketepatan waktu
pengumpulan.
Instrumen
laporan performance menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada
kualitas visual, gesture atau gerak tubuh, kelancaran berbicara, kemampuan
menyampaikan, kemampuan menjawab pertanyaan.
4.
Tugas
Terlampir
5.
Jawaban
dan Pedoman Penilaian
Terlampir
I.
Alat dan
Sumber Belajar
· Alat dan
Bahan : Papan tulis, alat tulis, lembar soal.
· Sumber
Belajar : Siti
Khoiriyah, (2014),
Sosiologi
untuk kelas XI SMA dan MA kelompok Peminatan
Ilmu-Ilmu Sosial
Rancaekek, Agustus 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah
SMA PGRI
Drs.
Djodjon S Wiryadi
NIP: 1963040919831004
|
Guru
Mata Pelajaran
Iis Masitoh, SPd
|
Kok tidak pakai penilaian....
ReplyDeleteBoleh ga saya minta yg lainnya bu...makasih ya.....
ReplyDelete